Selasa, 01 April 2014

Potensial Air pada Umbi Kentang

Kentang- Kentang untuk Potensial Air  Jaringan Tumbuhan

sumber gambar: 
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/11/11/02/lu0yqv-sipimpor-holtikultura-bakal-diatur-termasuk-kentang


Secara umum umbi kentang digunakan saat praktikum untuk mempermudah memahami POTENSIAL AIR :D
  • Pada saat praktikum biasanya digunakan satu umbi yang sama untuk melihat perbedaannya. Kenapa? Ya, kita tahu komponen kimia dalam buah dapat dipengaruhi beberapa faktor. DIANTARANYA : perbedaanVARIETAS, keadaan IKLIM, tempat TUMBUH,CARA PEMETIHARAAN tanaman, KEMATANGAN  pada saat PANEN dan kondisi saat PENYIMPANAN {._.} (Muchtadi,1992)
  • Nah LO,. Perlu diperhatikan!!!! :D saat pemotongan umbi harus ada keahlian, ukuran harus SAMA. Pemotongan ini fungsinya agar mudah masuk ke dalam tabung REAKSI dan pemotongan harus menggunakan pisau yang STAINIES STELL agar tidak terjadi reaksi antara bahan pisau dengan getah buah, nantinya dapat menimbulkan warna COKLAT pada buah (Fachrudin,1998)
  • Kenapa HARUS KENTANG??? Karena asisten suka kentang??? Hehe... tak lah, kita tahukan potensial air yang paling sering terjadi bagian akar tanaman. Nah, karena letak umbi kentang persisi berdekatan dengan AKAR atau di dalam tanah lah tepatnya, jadi akan cepat terlihat perbedaan saat  umbi yang digunakan/ dimasukkan ke dalam larutan SUKROSA
  • Proses perendaman dengan larutan HIPERTONIK maupun mereduksi kadar air akan membuat penurunan kadar air pada buah tersebut. Hal ini disebabkan karena adanya penambahan konsentrasi larutan sukrosa yang merupakan larutan yang bersifat HIPERTONIK (larutan dengan konsentrasi terlarut tinggi). Dalam proses OSMOSIS pada larutan HIPERTONIK mengakibatkan sebagian molekul air tertarik (terikat) kedalam gula (terlarut), sehingga hanya sedikit molekul air yang bebas dan bisa melewati membran. Jika sel berada pada larutan HIPERTONIK, maka sel akan kehilangan banyak air. Semakin MENINGKATNYA konsentrasi SUKROSA maka semakin besar pula tekanan OSMOSIS yang dihasilkan. Penurunan kadar air semakin TINGGI.

Bila kebingungan berlanjut segera hub. crayonbiruku@gmail.com :D Semoga Bermanfaat

sumber gambar : http://www.youtube.com/watch?v=2MUmxxHeoGU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar