Senin, 05 November 2012

yAng Mudah Kenapa haRus dipersulit? TAnYa KeNapA???


Sesungguhnya Allah mengutusku tidak untuk menyulitkan ..Tetapi Allah mengutusku sebagai seorang guru yang memudahkan. Guru itu adalah Nabi Muhammad SAW dan tidak pernah melakukan kebaikan kecuali dia yg pertama melakukannya, dan tak pernah melakukan keburukan kecuali dia yg pertama yg meninggalkannya. Dekatlah diri kita dengan Rasulullah SAW karena awal kehancuran dakwah adalah jika kita tidak mengal Rasulullah SAW. Sebagai manusia sudah sewajarnya bangga kepada Rasulullah SAW karena Ia adalah sebaik- baiknya guru. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk membaca shirah Rasulullah SAW, meneladai sikap dan sifat beliau, mengambil hikmah disetiap langkah perjalanan beliau dan menenal sahabat- sahabat beliau. Berbuatlah baik kepada seseorang dimana, kapan dan bagaimanapun keadaannya, walaupun mungkin pernah ada konflik sebelumnya dengan seseorang tersebut, jangan terlalu memperpanjang konflik itu segera selesaikan secara baik- baik dan mulai perbaruhi hubungan yang baik dengannya. Barang siapa yang menunjukan kebaikan maka akan mendapatkan pahala yang sama dengan yang melakukannya. Selain meneladai guru kita, kita diwajibkan untuk mempelajari dan mengajarkan Al Quran. Allah, malaikat, penduduk langit dan bumi, hingga ikan bershalawat kepada guru kebaikan [malaikan : memohonkan ampun]
3 wirid harian yang sewajarnya kita laukukan :
-          Membaca Al- Quran karena itu sebagai makanan rohani kita
-          Menghafalkan Al Quran karena sesungguhnya org yang tidak mengafal Al Quran seperti rumah yang kosong di dalamnya
-          merenungkan maknannya
Manusia terbaik
QS At tin 4 (Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik- baiknya)
QS Al Mukminun 14 (Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu. Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu lalu Kmai jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikan mekhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik)
QS Az Zumar 23 (Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik yaitu Al Quran yaitu serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang- ulang. Gemetar karenannya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati meraka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Alla, dengan kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa diberikan sesat oleh Allah, maka tidak seorang punyang dapat memeberi petunjuk)
QS Al Mulk 2 (Yang menciptakan kamu mati dan hidup,untuk menguji kamusiapa diantara kamu lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun)
QS Al Qasas 77 (Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklan (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan)
Salurkan setitik kebaikan untuk orang disekiling anda, karena ibaratkan setetes air yang jatuh dalam kubangan air akan menimbulkan gelombang yang semulanya kecil menjadi luas. Begitupun kebaikan yang kita berikan untuk orang lain walaupun sedikit yang kita berikan insyaallah akan menjadi besar saat kita melakukannya dengan ikhlas. Jangan pernah mempersulit keadaan seseorang, jika anda seorang dosen/pengajar janganlah membuat pertanyaan atau soal dengan niatan untuk menjatuhkan mahasiswa/murid anda, meremehkannya dan mempersulit mereka #naudubillahimindzaliq. Jangan pernah mempersulit keadaan seseorang, salurkan tangan kita untuk saudara- saudara kita.

Memang yang Indah bukan pada karangan ini, yang indah yaitu saat penulis dan pembaca dapat mengamalkannya > Langkah Perjalanan Menjempud Ilmu @UlieAsma <

Tidak ada komentar:

Posting Komentar